How to Train Your Dragon Series – Cressida Cowell


Saya yakin sudah banyak orang yang familiar dengan film How to Train Your Dragon, namun saya juga yakin, banyak yang sebenarnya tidak tahu dengan buku yang menjadi inspirasi dari franchise film ini, Serial How to Train Your Dragon yang terdiri dari 12 Buku. Yah… yang mengikuti buku ini bisa dibilang lebih tersiksa ketimbang pengikut serial Harry Potter, namun lebih bahagia dibanding pengikut serial Game of Throne, yang buku keenam dan ketujuhnya entah kapan muncul. 😅

Jika harus membandingkan film dan bukunya, bagi saya sejujurnya sulit. Karena keduanya adalah dua cerita yang berbeda. Walau nama tokoh-tokoh di dalam kedua produksi tersebut sama, cerita dan deskripsi mengenai tokoh-tokohnya banyak sekali yang berbeda. Yg paling kentara adalah toothless. Menurut film toothless diketahui sebagai jenis naga yang spesial dan langka. Sementara menurut bukunya, toothless dicurigai sebagai common or garden dragon yang super tiny. Hanya pada buku ke-11 kemudian diketahui bahwa dia ternyata bukan naga biasa dan itupun berbeda jenisnya dengan naga yang digambarkan pada filmnya. Jadi intinya how to train your dragon movie sama sekali berbeda dengan how to train your dragon buku, produser film tersebut hanya mengambil inspirasi dari cerita dan tokoh-tokoh di dalam bukunya saja.

Buku Cressida Cowell ini penuh ilustrasi corat-coret yang agak berantakan, namun mungkin disitulah letak “charm”nya. Contoh dari coretan-coretan itu dpat dilihat pada gambar-gambar berikut yang diambil dari bukunya. Pengenalan tokoh-tokoh dalam buku, ini diambil dari buku ke-10, How to Seize a Dragon jewel:

Peta dari wilayah jelajah hiccup,

Book 1 – How To Train Your Dragon

Book 2 – How to Be a Pirate

Book 3 – How to Speak Dragonese

Book 4 – How to Cheat a Dragon’s Curse

Book 5 – How to Twist a Dragon’s Tale

Book 6 – A Hero’s Guide to Deadly Dragons

Book 7 – How to Ride a Dragon’s Storm

Book 8 – How to Break a Dragon’s Heart

Book 9 – How to Steal a Dragon’s Sword

Book 10 – How to Seize a Dragon’s Jewel

Book 11 – How to Betray a Dragon’s Hero

Book 12 – How to Fight a Dragon’s Fury

 

,

Leave a Reply